Moderat Reviews

Penentang dan Pendukung Tabligh dari Kalangan Salfi

Posted on: September 13, 2008

Salah Satu Buku ttg JT

Salah Satu Buku ttg Jamaah Tabligh

Meskipun Jamaah Tabligh tidak pernah beraktifitas politik namun beberapa orang mengangap JT kurang Islami, antara lain ulama-ulama Jamaah Salafi :

Asy-Syaikh Ahmad bin Yahay An Najmi : menentang dan melarang berkumpul dengan jamaah ini dengan alsaan mereka berjalan di atas empat macam tarikat sufiyah: Jusytiyah, Sahrawardiyah, Qadiriyah dan Naqsyabandiyah. Dan mereka memotong dzikir Laa Ilaahi Illallaah, menjadi: Laa Ilaaha, dan mengulang-ulangnya 200 atau 300 kali, kemudian mereka membaca Illallaah 200 atau 300 kali.

Syaikh Dr. Rabi Bin Hadi Al Madkhali dalam bukunya berjudul Fatwa Ulama Seputar Jama’ah Tabligh, Penerjemah Abu Bakar, Penerbit Al Haura.

Syaikh Muhammad bin Ibrahim dan Imam Syaikh Bin Baz.

Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albany : Fatwa Imaratiyah.

Syaikh Abdurrazaq ‘Afify : dalam fatwa dan rasail, khuruj bukanlah jalan Islam.

Syaikh Shaleh Bin Fauzan Al-fauzan, Syaikh Hamud At- Tuwaijiry, Syaikh Taqiyudin Al-Hilaly, Syaikh Sa’d Al-Husain, Syaikh Syaifurrahman dan Syaikh Muhammad Aslam.

Yusuf Al-Mulahy : pengikut Tabligh yang menjelaskan kesalahan Tabligh namun kemudian memujinya.

Syeikh ‘Alaamah Muhammad bin Ibrahim Ali : menyikapi permintaan dana kepada Raja Saudi untuk Kuliah Da’wah Tabligh Al Islamiyah, menjelaskan JT sesat.

Adapun yang mendukung antara lain :

Syaikh Bin Baz Rahimahullah : “Tidak diragukan lagi bahwa umat manusia sangat membutuhkan pertemuan-pertemuan yang bagus semacam ini, yaitu perkumpulan dalam rangka mengingat Allah (dzikrullah), menyeru untuk berpegang teguh dengan islam, menerapkan ajaran-ajaran- Nya dan membersihkan tauhid dari bid’ah dan khurofat. (fatwa no 1007, tanggal 17/8/1407 H dan disebarkan oleh Jama’ah Tabligh sekarang). Namun setelah berubah malahan memasukan JT bersama Ikhwanul Muslimin dalam 72 golongan yang sesat. Fatwa tersebut ditandatangani Ketua Lajnah Syekh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz berserta anggotanya yaitu Abdul Aziz bin Abdullah Ali Syeikh, Sholeh bin Fauzan Al Fauzan dan Bakr bin Abdullah Abu Zaid.

Al-Allamah Syaikh Ibnu ‘Utsaimin juga terdapat pernyataan yang membiarkan ajaran mereka.

Kitab-kitab Jamaah Tabligh

Tablighin Nishshab karya Muhamad Zakariya al Kandalawi dan kitab Hayatush Shahabah karya Muhamad Yusuf al Kandahlawi. Kitab Salafi berjudl Al Qaulul Baligh menyoroti kedua kitab tersebut.

2 Responses to "Penentang dan Pendukung Tabligh dari Kalangan Salfi"

Kaum muslimin saat ini belum mempunyai kerangka untuk saling menyelesaikan pandangan secara mudzakarah dan musyawarah di antara kaum muslimin, termasuk di kalangan para Ulama sendiri. Sehingga yang ada adalah kaum muslimin terbiasa menyampaikan pandangannya secara sepihak terhadap kaum muslimin lainnya.

Dalam perkara yang objeknya adalah sebagian kaum muslimin, maka seharusnya cara peletakan kerangka analisa perlu mendapatkan pandangan yang berimbang dari berbagai sudut secara ilmiah, tidak hanya dari satu pandangan.

Salafi wahabi merupakan gerakan Islam yang berada di tataran timur tengah mempunyai karakteristik yang memang unik dan khas, mereka selalu mengatakan sebagai pengikut ali sunnah wal jama’ah, tetapi jangan lupa ada juga yang menilai bahwa salafi wahabi bukanlah sunnah wal jama’ah.

Siapapun boleh menulis dalam berbagai tulisan untuk menilai sebuah pergerakan, termasuk terhadap usaha da’wah dan tabligh (orang menyebutnya sebagai jamaa’ah tabligh). Tetapi penilaian itu sendiri seharusnya bersedia mendapatkan pandangan berimbang dari pihak lain. Artinya pandangan para Ulama salafi wahabi yang disebarkan sekarang ini oleh murid-muridnya di Internet harus berani mendapatkan pandangan atau komentar balik sebagai sebuah analisa.

Karena penilaian sebuah fatwa salafi wahabi bukan menjadi keputusan akhir atau final. Kenapa? Karena saat ini meskipun sejumlah ulama di Saudi Arabia kumpul untuk menentukan fatwa, tetapi hal itu belum tentu berlaku untuk kaum muslimin lainnya. Karena saat ini tidak ada himpunan Ulama Sunnah Wal Jama’ah secara ijtimaiyyah di berbagai lapisan dunia menjadi satu.

Penilaian terhadap Jama’ah Tabligh sebagai sesat atau bid’ah merupakan penilaian sangat prematur untuk menilai masyarakat Islam, apalagi hanya melihat dan mendengar dari piha-pihak yang katanya pernah terjun. Sehingga buku-buku seperti ini sebenarnya merupakan hal untuk membuka wawasan semata, bukan sebagai sebuah justifikasi atau penilaian yang pasti terhadap jamaah itu sendiri.

Hari ini di Saudi Arabia lebih didominasi oleh salafi wahabi, karena memang sejarah proses pembentukan pemerintahannya seperti itu. Tetapi bukan berarti semua ulama di Saudi Arabi sebagai salafi wahabi. Dan tentunya Ulama-ulama tersebut berbeda dengan ulama salafi wahabi dalam memahami sebuah perkara, termasuk pada jamaah itu sendiri.

Kami berikan pandangan ataupun komentar terhadap pandangan salafi wahabi, dan kami tulisankan di http://usahadawah.wordpress.com dan http://usahadawah.com. Dan ketika diberikan pandangan atau analisa balik, banyak kalangan salafi yang kurang menerima. Karena seolah-olah gurunya mendapatkan komentar dari orang lain, atau dapat dikatakan pandangan gurunya sudah final. Karena mereka sering menyebut sebagai ulama sunnah. padahal Sunnah itu sebagai sebutan bukan sebagai kaidah dalam kalangan salafi wahabi sendiri.

Apakah kalangan Salafi sendiri bisa menerima ketika pandangan lain yang berbeda dengan gurunya belum tentu dapat diterima, dan mungkin saja dilontar balik sebagai sesuatu yang tidak hormat. Artinya tidak siap mendapatkan pandangan balik, yang ada semua kaum muslimin diminta untuk menerima begitu saja. Inilah pandangan yang kadangkala terjadi dalam mudzakarah-mudzakarah.

Terimakasih,

terimakasih atas informasinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: