Moderat Reviews

Majelis Mujahidin’s Internal Schism

Posted on: September 11, 2008

 

Amir Baru MMI

Amir Baru MMI

Baru delapan tahun sejak didirikannya (tahun 2000) MMI dilanda perpecahan.  Setidaknya ada tiga indikasi yaitu perbedaan pendapat antara Abu Bakar Basyir (ABB) dengan Muhammad Thalib yang diikuti dengan pengunduran diri ABB dari MMI. Kedua, pengakuan Ketua Lajnah Tanfidziyah Ustad Irfan S. Awwas saat pidato dalam konggres MMI ke-III pada 9-10 Agustus 2008 di Yogyakarta bahwa MMI diuji persoalan internal.  Ketiga, ketidakhadiran sebagian Lajnah Perwakilan Wilayah (LPW), Lajnah Perwakilan Daerah (LPD) dan Laskar Mujahidin Majelis Mujahidin (LM3) dalam Kongress III  antara lain LPW Lampung, Malang dan DKI Jakarta.

Mundurnya ABB dari MMI berdampak langsung pada LM3 yang saat ini dipimpin Abu Haidar. Berkembang isu  ABB telah dipecat dari Lajnah Tanfidziyah dan haramnya untuk menghadiri Konggres ke-III tersebut.  Perpecahan ini juga mengakibatkan para tokoh yang telah dijadwalkan hadir mulai dari Sri Sultan Hamengkubuwana X, Maftuh Basuni, KH. Sahal Mahfud, MS Ka’ban, Hidayat Nurwahid dan KH Ma’ruf Amin (MUI Pusat) tidak tampak.

Namun, Konggres ke-III tersebut tetap berjalan dengan sukses dengan memutuskan Wakil MMI Muhammad Thalib, 60, kelahiran Surabaya dan alumni Universitas Islam Indonesia, sebagai Amir baru (the Second Amir) for 2008-2013 period dan memutuskan wajah baru Irfianda Abidin dari LPW Sumatera Barat yang sebagai  penanggung jawab Baitul Mal. Harapannya semangat kepemimpinan baru ini sanggup membawa MMI ke arah moderat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: