Moderat Reviews

Kelompok Al-Qowam

Posted on: March 23, 2008

Al – Qowam (www.alqowamgroup.com), yang didirikan pada 1999, mempunyai beberapa percetakan termasuk Al-Qowam, Wacana Ilmiah Press dan Mumtaza, di mana semuanya menggunakan alamat yang sama. Kedua terbitan majalah tersebut memfokuskan pada pembahasan nilai-nilai keluarga, peranan wanita, moralitas, ibadah shalat serta sedikit sekali menbahas politik dan salah satu dari kelompok JI yang secara rutin mempublikasikan majalah-majalah salafi murni (berbeda dengan salafi Jihad). Outlet distribusi utamanya, Bursa al-Qowam, diiklankan secara rutin dalam ar-Risalah dengan sebuah alamat yang terbaca “in front of the girls” asrama Pesantren Putri Al Mukmin, Ngruki, Solo. Toko tersebut juga memasarkan obat-obatan dari tumbuhan termasuk minuman kesehatan Qowi (kuat) dengan perusahaan yang sama.

Tokoh penting kelompok ini adalah Hawin Murtadlo, mendapat mandat dari JI. Ia dari keluarga JI dan penerjemah bernama Ubeid adalah adiknya. Ia lulus dari Ngruki pada 1991, seorang dari anggota kelas yang sama yang menghasilkan kepala dari tiga sekolah JI, dan terus bekerja sebagai pengajar, setelah menikahi teman sekelasnya dari Tasikmalaya. Ia memulai al-Wustha, suatu penerbitan kecil masih beroperasi, dengan rekan alumninya dari pesantren dan adakalanya menerjemahkan sebagian dari buku al-Qowam, seperti buku pengobatan dan gaya hidup Islami yang diterbitkan oleh suatu penerbit berpusat di Solo, at-Tibyan, yang nampaknya milik Salafi dari pada milik JI. Dari 2000 sampai 2002, ia adalah salah satu editor dari majalah Al Bunyan, tidak di cetak lagi, yang JI mengambil alihnya dari KOMPAK pada saat meningkatnya konflik di Ambon dan Poso.

Katalog Al-Qowam memiliki 100 judul, beberapa diantaranya sudah mengalami enam kali cetakan atau lebih dan sebagian mempunyai orientasi Salafi secara tersamar. Mumtaza (dalam bahasa Arab, kata sifat untuk feminin berarti “sempurna”) adalah suatu penerbitan yang relatif baru, dan banyak dari judul-judul sebelumnya berkisar untuk dan tentang wanita mungkin telah ditransfernya. Buku berjudul, Makin Cantik dengan Jilbab hampir sama dengan judul milik Arafah, hanya berbeda pengarang saja; dan memiliki persamaan yang mencerminkan kekuatan pasar untuk buku sejenis itu, dan munujukkan fenomena peniruan (copycat) diantara para penerbit guna mempublikasikan topik-topik populer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: